Kantong plastik

May 23, 2007 at 2:38 am Leave a comment

Sekarang ini, hampir seluruh  barang dibalut dan dibungkus dengan bungkusan berbahan plastik ataupun disimpan dalam kantong plastik. Hal ini untuk kepraktisan. Selain itu, harga plastik yang cenderung lebih murah, membuat penggunaan plastik semakin populer saja. Namun, apakah memang plastik ini nyaman dan aman bagi manusia? Ternyata kerusakan yang ditimbulkan oleh kantong-kantong plastik ini jauh lebih besar. Mulai dari proses pembuatannya hingga proses pembuangannya.

Untuk kantong plastik biasa, terbuat dari sumber daya yang tidak bisa diperbaharui, seperti minyak tanah dan gas alam. Energi yang dibutuhkan untuk membuat kantong plastik dapat mengurangi persediaan sumber daya dan meningkatkan pemanasan global. Sisa hasil produksinya juga menghasilkan polusi lingkungan. Setelah digunakan, kantong plastik umumnya dibuang begitu saja. Kalau sudah sobek, kotor atau tidak dibutuhkan lagi, biasanya plastik ini tidak digunakan lagi, terutama kantongan yang tipis. Kantong-kantong plastik yang tak berguna ini akan dibuang begitu saja. Biasanya dibuang di tumpukan sampah. Tumpukan kantong plastik ini bisa saja mencekik hewan hingga mati. Dan kalaupun dibakar akan mengeluarkan asap beracun. Hal jelek dari kantong plastik ini adalah bahwa kantong plastik kemungkinan kecil bisa didaur ulang.

Manusia jaman sekarang yang berciri praktis memang sangat membutuhkan kantong plastik ini. Padahal, jika kebiasaan ini terus dilanjutkan akan menimbulkan dampak negatif yang cukup tinggi. Jika setiap harinya satu keluarga membuang 1 kantong plastik yang tak dapat didaur ulang. Coba bayangkan berapa banyak tumpukan plastik yang dihasilkan tiap tahunnya?

Beberapa negara mulai memikirkan cara penanggulannya, diantaranya Cina, Jepang, dan Irlandia. Pihak pemerintah di negara tersebut mulai menghimbau rakyat untuk mengurangi pemakaian kantong plastik. dan mulai menggunakan tas / kantong belanja masing-masing. Jepang mulai mengeluarkan produk-produk tas belanja yang menarik. Bahkan di Irlandia sudah diberlakukan pajak untuk penggunaan kantong plastik dan berhasil mengurangi pemakaiannya sampai 90%.

Lalu kita bagaimana? Padahal Allah telah berfirman pada kita untuk menjaga kelestarian alam. Tak perlulah kita menunggu pemerintah atau menunggu sampai hal buruk terjadi lalu kita mulai meninggalkan pemakaian kantong plastik. Mari kita mulai saat ini walaupun diri kita hanya mampu menahan satu penggunaan plastik tiap harinya.

Rujukan : Harian Analisa, Medan.

Entry filed under: FYI. Tags: .

QS Nuh 23 Posisi Imam dan Makmum dalam Shalat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blog-ku Lainnya

Designed by Rini Aisyah

Designed by Rini Aisyah

Designed by Rini Aisyah

Statistik Blog

  • 133,865 hits

%d bloggers like this: