Tantangan !!

August 12, 2006 at 3:40 am Leave a comment

Sudahkah berkata jujur hari ini?
Sudahkan menginggalkan kedustaan hari ini?
Walau sekedar dalam candaan?

***

Yuk kita simak dan pahami obrolan Abdullah bin Umar bin Ibnul Ash r.a. dengan Rasulullah saw melalui sebuah Hadist yang diriwayatkan Ibnu Maajah dengan sanad yang sahih,

Abudllah : Kami bertanya kepadamu wahai Nabiyallah, siapakah orang yang paling baik?
Rasulullah saw : Orang yang memiliki hati yang terpuji dan lisan yang jujur.
Abudllah : Kami telah mengerti lisan yang jujur, apakah hati yang terpuji itu?
Rasulullah saw : Yaitu hati yang takwa dan suci yang di dalamnya tak ada dosa, tak ada dusta, dan tak ada hasut.
Abudllah : Kami bertanya lagi wahai Rasulullah, siapakah yang berada pada sentuhan halus hati yang terpuji itu?
Rasulullah saw : Yaitu orang yang membenci dunia dan mencintai akhirat.
Abudllah : Mengenai hal ini, tak dikenal pada kami selain Nafi’ budak Rasulullah, maka siapakah orang yang berada pada sentuhan halus hati yang terpuji itu?
Rasulullah saw : Yaitu orang mukmin yang berakhlak baik.
Abudllah : Nah, yang seperti ini ada pada kami.

Buat yang berhasil menjaga lisannya, Allah SWT telah berjanji memberikan ‘hadiah’ yang menjadi impian kita semua. Oh ya, hadiah (balasan) ini tentu saja teruntuk mereka yang beriman pada-Nya.

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu kepada Allah dan katakanlah perkataan yang benar, niscaya Allah memperbaiki bagimu amalan-amalanmu dan mengampuni bagimu dosa-dosamu. Dan barangsiapa mentaati Allah dan rasul-Nya, maka sesungguhnya ia telah mendapatkan kemenangan yang besar.” (al-Ahzab:70-71)

“Kalian harus jujur karena jujur akan menunjukkan (jalan) kebaikan; dan kebaikan akan menunjukkan (jalan) ke surga. Dan seseorang yang senantiasa jujur dan memang ia bermaksud jujur, sehingga ia dituliskan di sisi Allah sebagai orang yang sangat jujur (shiddiq).” (HR Bukhari, Muslim, Ahmad, dan Tirmidzi)

“Berilah aku dari kalian jaminan denga enam perkara, niscaya aku akan menjamin kalian dengan surga:
jujurlah kalian jika berbicara; sempurnakanlah janji oleh kalian jika berjanji; tunaikanlah amanah jika kalian diberi amanah; jagalah kemaluan; pejamkanlah penglihatan; dan tahanlah tangan kalian (dari meminta-minta).” (HP Ahmad, Ibnu Abid Dunya, Ibnu Hibban, al-Haakim, dan al-Baihaqi)

Lalu, ingat apa yang diperoleh mereka yang dusta dan ingkar terhadap Allah.

“Dan orang-orang yang beriman kepada Allah dan rasul-Nya, mereka itu orang-orang yang shiddiqin dan orang-orang yang menjadi saksi di sisi Tuhan mereka. Bagi mereka pahala dan cahaya mereka. Dan orang-orang yang kafir dan mendustakan ayat-ayat Kami, mereka itulah penghuni-penghuni neraka.” (al-Hadiid:19)

“Kalian harus jujur karena jujur itu akan menunjukkan (jalan) kebaikan, dan kebaikan akan menunjukkan (jalan) ke surga. Dan seseorang yang senantiasa jujur dan ia bersungguh-sungguh untuk senantiasa jujur, maka ia akan dituliskan di sisi Allah sebagai orang yang jujur sekali (shiddiq). Dan hati-hatilah kamu dengan berbohong, karena berbohong itu menunjukkan (jalan) kepada perbuiatan jahat, dan sesungguhnya perbuatan jahat itu menunjukkan (jalan) ke neraka. Dan seseorang yang selalu bohong dan ia bersungguh-sungguh untuk senantiasa berbohong sehingga di sisi Allah ia akan dicatat sebagai orang yang berbohong.” (HR Bukhari, Muslim, Ahmad, dan Tirmidzi)

Allah juga telah menyeru pada kita untuk memilih pergaulan dengan kalangan yang beriman dan berkata benar. Tidak munafik keimanannya pada Allah dan tidak munafik terhadap apa yang ia katakan dan apa yang ada dia dalam hatinya.

“Hai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kepada Allah, dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang benar.” (at-Taubah:119)

***

Jadi, mari kita meraih cinta yang tertinggi, cinta Allah. Dengan cara selalu berkata, berniat benar. Semua hanya karena Allah SWT semata. Moga-moga berhasil, semoga kita termasuk orang yang benar dan lurus. Amiin.

Sebuah tantangan untuk hari ini, besok, lusa, dan seterusnya.

Entry filed under: Tazkiyatun Nafs. Tags: .

Sedikit Tentang Akhwat ISLAM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blog-ku Lainnya

Designed by Rini Aisyah

Designed by Rini Aisyah

Designed by Rini Aisyah

Statistik Blog

  • 133,865 hits

%d bloggers like this: