Sedikit Tentang Akhwat

April 22, 2006 at 6:27 am 26 comments

Kumelihat seorang akhwat berjilbab lebar sedang berdiri di tepi jalan sambil bertelepon ria. Dia mirip dengan adik iparku. Kulihat lagi. SubhanAllah. Seorang akhwat manis yang menarik. Dia sedang bertelepon sambil tertawa lebar dan lepas. Sungguh, sebuah tontonan yang menarik dan menyegarkan. Aku berpikir, tentu saja para ikhwan juga berpikiran sama denganku. Kalau tak hati-hati, si ikhwan bisa terpikat hatinya melihat tawa manis sang akhwat. Apalagi kalau bisa mendengar suara tawanya. Sepertinya suaranya juga merdu. Kemungkinan ada yang berkata dalam hatinya, “Akhwat kok ga menahan diri, menjaga izzah, centil begitu.” Sang akhwat tentunya tak merasa kalau perbuatannya itu bisa menarik perhatian orang lain. Dia cuma tertawa dengan teman akhwatnya lewat HP. Hmmm….

Aku teringat kembali suatu keadaan yang berlawanan dengan kondisi akhwat tadi. Seorang akhwat berjilbab lebar yang terlihat serius sehingga seperti marah, cemberut, dan tidak pedulian. Orang-orang di sekitarnya bersungut, nih akhwat dah baca buku ‘Jangan Jadi Muslimah Nyebelin’ ga ya… Akhwat kok juteks, sangar, dll. Akhwat lain yang tak berjilbab pun berkomentar, “Aku tadi diplototin sama cewek berjilbab, mungkin karena aku ga pakai jilbab ya. Ternyata, cewek2 berjilbab itu orangnya tidak ramah.” Padahal akhwat serius tadi ga berpikir tuk ngejutekin orang lain, apalagi sesama muslimah.

Kadang, aku juga pernah ngalami hal di atas, melakukan sesuatu yang tak kusadari. Begitulah, menjadi seorang akhwat memang susah-susah gampang.

Selalu mencoba menjadi seorang manusia yang lebih baik lagi.

Entry filed under: Coretan. Tags: .

Suami Lebih Muda ? Tantangan !!

26 Comments Add your own

  • 1. akhwat  |  April 10, 2007 at 2:49 am

    kayaknya dah pernah nongol di myquran

    Reply
  • 2. h4nim  |  May 7, 2007 at 2:48 am

    kk, ijin copas buat ditaruh di milis/blog community di sekolah ya… jazakillah🙂

    Reply
  • 3. Heri Setiawan  |  May 8, 2007 at 11:41 pm

    Hiks… kok jadi serba salah begitu ya..?

    Reply
  • 4. zhafirah  |  June 12, 2007 at 4:47 am

    astagfirullah,,,zha malu banget.
    jazakillahkhoir dah diingetin. zha akan lebih berhati2 lagi dalam brprilaku.

    Reply
  • 5. nad3La  |  June 13, 2007 at 7:32 am

    sbNrx aQ nDiri jG g tW mEski cOmment ky’ gMn,coz aQ ndiri jG cM akhwat yG bxk kaLi ng’Lakuin ksLhn. But tu sMw sbnRnya t’gNtg m yG ng’jLnnX

    Reply
  • 6. dwi  |  June 26, 2007 at 9:39 am

    emang susah jadi akhwat,banyak yang merhatiin, banyak aturan, kalo aku rasanya belum siap dengan semua itu.

    Reply
  • 7. andhiena  |  October 24, 2007 at 7:24 pm

    aasifah ukhty sholehah, hadits diatas derajatnya pa ya? ana blm pernah tau ^__^ http://andhiena.multiply.com

    Reply
  • 8. bungazahrah  |  November 6, 2007 at 2:44 am

    @Dina, iya tuh…
    Sebenarnya ga jeles juga. Pernah lihat di majalah, tapi dah dilupakan lagi nih…
    Dah dihapus nih haditsnya. Takut susah ntar mempertanggungjawabkannya.

    Reply
  • 9. ikhwan fillah  |  March 13, 2008 at 12:01 pm

    Bismillahirrahmanirrahim
    Akhwat itu juga manusia biasa, jangan deh terlalu banyak tuntutan pada mereka. Intinya kita perbaiki diri kita masing-masing. Emangnya semua ikhwan itu baik semua.

    Wassalam

    Reply
  • 10. aqi_kun  |  March 24, 2008 at 6:43 am

    asw
    kaka,, boleh minta tulisannya ga, buat temen ane yang agak centil dan tomboy…ane takut kalo nanti malah keterusan, padahal beliau salah satu akhwat yang memegang amanah di lembaga umum. kalo ada referensi yang lain tentang menjaga izzah seorang akhwat ane juga mau..bisa dikirim ke e mail ane. syukron
    wass

    Tanggapan Bunga:
    Buku yang disebut di artikel ini dapat diberikan pada teman ukhtiy. Buku tersebut cukup ringan, dapat digunakan untuk pembelajaran awal. Selanjutnya dapat diberikan artikel yang telah kuposting, ‘wanita-tomboy.doc’. Tapi, artikel ini juga masih sangat sederhana. Semoga bermanfaat…

    Reply
  • 11. tin-tin  |  April 9, 2008 at 1:16 pm

    ga segitu susah sebenarnya kalo kita tau mana yang tsawabit mana yang muthaghairat. islam itu mudah kok, sebenarnya, Islam kan fitrawi

    komentar bunga:
    yah, emang cukup mudah, apalagi bila semua orang juga memiliki hati yang bersih…

    ^_^

    Reply
  • 12. asiahgirl  |  May 8, 2008 at 2:54 pm

    salam.agar lebih mudah mari kembali dalam fitrah kesucian…karena aku rela islam sebagai agamaku

    Reply
  • 13. Lintang Parahening  |  May 23, 2008 at 1:57 am

    hemm.. bagus tulisannya.🙂

    Reply
  • 14. ling-ling  |  May 29, 2008 at 4:36 am

    duuuhh… susah emang menahan diri
    i do too

    Reply
  • 15. sefrina  |  June 27, 2008 at 5:06 am

    Asswrwb……..lam kenal yagh…..Hehe, Q sbg akhwat jd malu sndiri cz Q orgx rada2 tomboy n cengingisan gitu…Tp ckrng udh agk fmnm dah cz ikutan PESROM di masjid at-taqwa bondowoso…he…Thx udh ngingetin…..Eh kl ada tlisn2 bgs tlg kirim ke e mailQ yapzzz….syukron…

    Reply
  • 16. portalwongsukses  |  August 5, 2008 at 10:38 am

    Sebuah pencerahan bagi kaum akhwat

    Bunga:
    Yah… mudah2an benar bisa jadi pencerahan.

    Reply
  • 17. Scy  |  August 20, 2008 at 12:29 pm

    Blog yang bagus …

    Reply
  • 18. popi  |  August 28, 2008 at 8:47 am

    yup….mang kadang2 orang mang lbh banyak nimbulin prasangka

    Reply
  • 19. agus3anto  |  August 29, 2008 at 11:32 pm

    assalamu’alaikum
    berkunjung

    Reply
  • 20. va  |  September 18, 2008 at 7:14 am

    kadang – kadang kita ga berfikir..klo apa yang kita lakukan tenyata di perhatikan orng lain,bahkan bisa jd mereka sempat berfikir negativ ke kita,
    ini bisa jd pelajaran buat ana..untuk lebih menjaga sikap

    Reply
  • 21. herra  |  September 29, 2008 at 6:50 am

    tetap istiqomah apapun pandangan orang tentang muslimah. tetap lakukan ibadah tersenyumlah

    Reply
  • 22. nuri  |  November 30, 2008 at 2:14 pm

    duh jdi sedih deh ,,,apalagi kan crita diatas sama betul dengan diri ana yang jika dibilang masih belum bisa menjadi seorang akhwat sesungguhnya,,,sukron yah ka atas critanya yang membuat ana menyesali diri ana

    Reply
  • 23. Liza  |  December 19, 2008 at 5:00 am

    wah…ternyata kita bisa jadi ‘thumbnail’ untuk akhwat yg lain…
    harus bener2 jaga akhlak nih…
    harus jadi seseorang yg kalau melihat kita juga bisa betapa indahnya Islam

    Bunga:
    Setuju banget.
    Itu yang ana maksud. Alhamdulillah, anti ngerti….
    Semoga kita dapat menjadi contoh yang baik ya.

    Reply
  • 24. akwatophyta  |  June 10, 2009 at 2:46 am

    salam kenal ukh..! ^^

    Bungazahrah:
    Salam kenal juga. Makasih udah mampir.

    Reply
  • 25. wul  |  January 18, 2010 at 3:05 am

    sama ukht ana juga sering dicela kalo ada sedikit kesalahan seolah-olah akhwat tidak pernah salah atau tidak boleh salah. padahal akhwat hamba Allah biasa yang tak luput dari kesalahan ^^
    tapi kalo ana, ana jadikan bahan intropeksi diri apa2 yang menurut orang-orang tidak ahsan untuk ana lakukan sebagai akhwat

    dan hasilnya memang membuat kita insyaallah menjadi lebih baik dan semangat untuk terus memperbaiki diri dan menimba ilmu agama serta mengimplemntasikannya menjadi amal solih

    wallahu’alam

    assalaamu’alaykum…:)

    Azzahrah:
    Wa’alaykumussalam warrahmatullah

    Reply
  • 26. sekjend KAMMI komisariat bjm  |  January 31, 2010 at 3:10 am

    kita perlu bertanya apakah kita kader yg benar2 kader

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blog-ku Lainnya

Designed by Rini Aisyah

Designed by Rini Aisyah

Designed by Rini Aisyah

Statistik Blog

  • 133,865 hits

%d bloggers like this: