Belajar Apa Hari Ini ?

November 22, 2005 at 5:56 am Leave a comment

buku bacaan

Bila pertanyaan ini diajukan pada kita, teman-teman yang masih sekolah ada yang berkata, “Belajar Fisika.” Teman-teman yang sudah selesai sekolah ada yang berkata, “Saya sudah tamat sekolah, sudah tidak belajar lagi.”

Menurut Ustadz Anis Matta, Lc,
“Belajar adalah proses berubah secara konstan. Seseorang dikatakan belajar jika ia mengalami sebuah proses perubahan yang berkesinambungan dalam dirinya, baik cara berpikir, mentalitas, dan perilakunya.”

Sesuai dengan defenisi ‘belajar’ di atas, jawaban teman-teman yang sudah selesai sekolah berarti salah. Jawaban teman-teman yang masih sekolah masih benar.

Lebih dalam lagi tentang pengertian ‘belajar’. Belajar mengandung dua bagian pengertian, yaitu:

1. Learning How to Think
Ini merupakan jenis belajar yang dialami teman-teman di sekolah. Learning how to think berarti belajar berpikir secara teorits. Misalnya, belajar shalat. Hal yang pertama dilakukan adalah belajar shalat secara teorits. Mempelajari hukumnya, gerakannya, bacaannya, dll.

2. Learning How to Be
Ini merupakan jenis belajar penerapannya, prakteknya di keseharian. Lanjutan dari contoh belajar shalat di atas. Setelah kita mempelajari shalat secara teoritis, tentu saja ilmu ini harus dipraktekkan. Sia-sia hanya mempelajarinya secara teoritis. Ilmu-ilmu tentang shalat yang baik harus dapat dipraktekkan langsung. Praktek langsung inilah, secara konstan dan berkesinambungan, merupakan learning how to be. Hasil akhirnya adalah, kita berhasil melaksanakan shalat yang benar dan khusuk.

Jadi, jadilah seorang remaja Muslim pembelajaran, yang tidak pernah putus belajar untuk menjadikan dirinya menjadi lebih baik dari hari kemarin. Remaja Muslim pembelajaran tidak akan pernah merasa puas dengan ilmu yang dimilikinya, merasa haus akan ilmu-ilmu yang lain.

Sisihkan waktu untuk belajar berbagai ilmu, ilmu agama, ilmu dunia, dan kehidupan. Ilmu-ilmu itu bisa didapat dengan membaca buku atau dari pengalaman langsung. Buat ringkasan terhadapap buku yang sudah dibaca. Buat kliping artikel-artikel yang menarik perhatianmu.

Pelajarilah setiap kejadian yang dialami karena di dalamnya pasti Allah memberikan hikmah yang tersembunyi. Catat pengalaman yang dialami dan tulis hikmah-hikmahnya.

Belajar pada sumber ilmu juga merupakan hal yang baik. Berarti, harus sering berkunjung dan berkumpul dengan mereka yang dianggap berilmu dan mau membagikan ilmunya pada orang lain. Jangan malu tuk bertanya pada mereka.

Terakhir, sekecil apapun ilmu yang didapat hari ini, hargailah. Bila dikumpulin, tanpa disadari, lama-lama akan banyak, membukit.

Entry filed under: Tazkiyatun Nafs. Tags: .

Hari Gene Masih Ada yang Jutex? Nikmat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blog-ku Lainnya

Designed by Rini Aisyah

Designed by Rini Aisyah

Designed by Rini Aisyah

Statistik Blog

  • 133,865 hits

%d bloggers like this: