101 Alasan Mengapa Saya Pakai Jilbab

August 5, 2005 at 9:10 am 19 comments

  1. Menjalankan syi’ar Islam.
  2. Berniat untuk ibadah.
  3. Menutup aurat terhadap yang bukan muhrim.
  4. Karena saya ingin ta’at kepada Allah yang telah menciptakan saya, menyempurnakan kejadian, memberi rizki, melindungi, dan menolong saya.
  5. Karena saya ingin ta’at kepada Rasul-Nya, pembimbing ummat dengan risalah beliau.
  6. Untuk memperoleh Ridho Allah (InsyaAllah).
  7. Merupakan wujud tanda bersyukur atas nikmat-Nya yang tiada putus.
  8. Seluruh ulama sepakat bahwa hukum mengenakan jilbab itu wajib.
  9. Agar kaum wanita menutup auratnya.
  10. Bukan karena gaya-gayaan.
  11. Bukan karena mengikut trend.
  12. Bukan karena berlagak sok suci.
  13. Lebih baik sok suci dari pada sok zholim ^_^ .
  14. Tidak sekadar bermaksud agar berbeda dari yang lain.
  15. Meninggikan derajat wanita dari belenggu kehinaan yang hanya menjadi objek nafsu semata.
  16. Jilbab cocok untuk semua wanita yang mau menjaga dirinya dari objek nafsu semata.
  17. Saya ingin menjadi wanita solihah.
  18. Saya tengah berusaha mencapai derajat teqwa.
  19. Jilbab adalah pakaian taqwa.
  20. Jilbab adalah identitas wanita muslimah.
  21. Diawali dengan mengenakan jilbab, saya ingin menapak jalan ke surga.
  22. Menjauhkan diri dari azab panasnya api neraka di hari kemudian.
  23. Istri-istri Rasulullah berbusana muslimah.
  24. Para sahabiah (sahabat Rasulullah yang wanita) juga berbusana muslimah.
  25. Mereka merupakan panutan seluruh muslimah, begitu juga saya.
  26. Semoga Allah memberikan kepada kita balasan jannah yang sama seperti mereka.
  27. Untuk meninggikan izzah Islam.
  28. Untuk meninggikan izzah (kemuliaan) diri sebagai wanita (muslimah).
  29. Jilbab lebih melindungi diri.
  30. Membuat saya lebih merasa aman.
  31. Menjaga diri dari gangguan lelaki usil.
  32. Menjaga diri dari obyek pandangan lelaki yang hanya ingin ‘cuci mata’.
  33. Menjaga diri dari objek syahwat lelaki.
  34. Menjaga diri dari mata lelaki yang jelalatan.
  35. Menjaga diri dari tangan-tangan usil yang ingin menjamah.
  36. Menghin dari zina mata dan zina hati.
  37. Merupakan pencegahan dari perbuatan zina itu sendiri.
  38. Jilbab dapat menghindari saya dari sikap-sikap yang negatif.
  39. Jilbab dapat menghapus keinginan-keinginan yang menyimpang.
  40. Membuat saya lebih bersahaja.
  41. Membuat saya lebih khusyu’.
  42. Mejauhkan saya dari perbuatan dosa (insyaAllah).
  43. Membuat saya malu bila berbuat dosa.
  44. Mendekatkan saya pada Allah.
  45. Mendekatkan saya pada Rasulullah.
  46. Mendekatkan saya pada nabi-nabi-Nya.
  47. Mendekatkan saya pada sesama muslim.
  48. Mendekatkan saya pada ajaran Islam.
  49. Membuat saya tetap ingin belajar tentang Islam.
  50. Membuat saya selalu merasa haus akan ajaran Islam.
  51. Membuat saya tetap ingin menjalankan ajaran Islam.
  52. Ajaran Islam berlaku sepanjang masa, tidak ada yang kuno.
  53. Berjilbab bukan sesuatu yang kuno.
  54. Mengatakan berjilbab itu kuno berarti telah menggugat otoritas Allah.
  55. Allah Yang Maha Mengetahui lebih tahu apa yang terbaik bagi ummat-Nya.
  56. Berjilbab, berarti menandakan kemajuan penerapan ajaran Islam di masa kini.
  57. Merupakan satu barometer telah terbentuknya suatu lingkungan yang Islami.
  58. Membedakan diri dari penganut agama lain.
  59. Memudahkan dalam pengidentifikasian sesama saudari seiman.
  60. Memperkuat tali silaturahmi dan ukuwah sesama muslimah.
  61. Menghilangkan keraguan saya bila ingin menyapa saudari muslimah.
  62. Memudahkan menanamkan rasa sayang-menyayangi sesama saudara/saudari seiman.
  63. Membuat saya lebih terlihat anggun.
  64. Membuat saya terlihat menyenangkan.
  65. Membuat saya lebih terlihat wanita.
  66. Tidak terlihat seperti laki-laki.
  67. Membuat saya selalu berada dalam lingkungan yang Islami.
  68. Jilbab menjaga saya dari pergaulan yang salah.
  69. Memudahkan saya, dengan ijin Allah, mengenal lelaki yang salih.
  70. Wanita yang baik (salihah) dengan lelaki yang baik (salih) pula.
  71. Mudah-mudahan saya diberi jodoh lelaki yang salih.
  72. Jodoh merupakan urusan Allah.
  73. Dengan keta’atan pada Allah, Allah akan memberikan kemudahan-Nya.
  74. Memudahkan saya dalam beraktifitas..
  75. Membuat lebih mudah bergerak.
  76. Jilbab menjagaku sehingga tidak terlihat lekuk-lekuk tubuh
  77. Sangat repot bila memakai pakaian wanita seperti trend saat ini (yang ketat).
  78. Saya tidak suka memakai celana jeans.
  79. Celana jeans yang ketat dapat menyebabkan kanker rahim karena suhu di sekitar rahim tidak beraturan.
  80. Menghemat waktu dalam berpakaian.
  81. Menghemat waktu dalam berhias.
  82. Tidak perlu repot-repot selalu berusaha mengikuti trend mode yang berkembang.
  83. Menghemat biaya untuk membeli pakaian yang sedang trend.
  84. Menghemat biaya untuk membeli make up.
  85. Melindungi kulit wajah dari make up yang dapat merusak kulit.
  86. Melindungi kulit dari sengatan sinar matahari.
  87. Meminimalkan penyakit kanker kulit.
  88. Sengatan matahari dapat mengurangi kelembaban kulit sehingga kulit jadi kering.
  89. Meminimalkan munculnya bintik-bintik hitam pada permukaan kulit akibat perubahan pigmen di usia tertenu.
  90. Melindungi rambut dari debu-debu yang berterbangan.
  91. Debu-debu itu dapat mengotori rambut dan menyebabkan rambut mudah rontok yang berakibat kebotakan.
  92. Menuntun saya untuk hidup lebih sederhana.
  93. Menghindari hidup yang konsumtif.
  94. Membuat diri tidak silau dengan kemegahan dunia dan segala perhiasannya.
  95. Membuat saya lebih memikirkan hal lain selain mode dan perhiasan.
  96. Menempatkan wanita menjadi subjek dalam proses pembangunan ummat.
  97. Lebih mudah dalam menabung.
  98. Memiliki kesempatan untuk melakukan ibadah haji.
  99. Memiliki kesempatan lebih banyak untuk berinfaq dan sedekah.
  100. Itu berarti lebih banyak beramal untuk bekal di hari kemudian.
  101. Membuat saya merasa menjadi wanita seutuhnya.

Sebenarnya, pasti alasannya lebih dari 101, lebih banyak dari itu.

Entry filed under: Tazkiyatun Nafs. Tags: .

Hati-hati dalam Memilih Sahabat Renungan Buat Istri

19 Comments Add your own

  • 1. agah @ bdg  |  June 28, 2007 at 4:19 am

    saya save di hardisk, buat dakwah
    diizinkan ya ?

    jazaakillah khair

    Reply
  • 2. Dino  |  August 14, 2007 at 6:14 am

    Hampir sama dengan wanita yg saya idamkan sekarang ini. q lg jatuh cinta ma dia

    Reply
  • 3. Wisdom  |  September 4, 2007 at 5:27 am

    Bunda Maria dan Suster2 agama nasrani juga pake kerudung loh (jilbab)

    Salam

    Bungazahrah:
    wah, mereka adalah orang2 yang komit dgn ajaran agamanya ya… wanita2 terbaik di agama nasrani.

    Reply
  • 4. mila  |  November 26, 2007 at 9:04 am

    saya sedang mempelajari adab dan perilaku wanita berjilbab, dan saya ingin tahu lebih dalam lagi arti dari penggunaan jilbab bagi wanita muslimah. dan apa boleh apabila ada seorang wanita kadang menggunakan jilbab kadang tidak?, apa adabnya? tks atas infonya

    rini jawab :
    Menutup aurat adalah kewajiban setiap ummat Islam, termasuk yang pria dan wanita. Untuk wanita, seluruh tubuhnya harus ditutupi. Dari rabut hingga kaki. Sedangkan wajah dan kedua tangan, masih ada beberapa ragam pendapat, ada yang membolehkannya terbuka dan ada ulama yang melarangnya terbuka. Di jaman Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam dulu, perbedaan antara muslimah budak dengan yang merdeka adalah jilbab ini dimana wanita merdeka memakai jilbab dan budak tidak memakainya. Wallahu’alam…

    Reply
  • 5. adam  |  February 6, 2008 at 3:16 am

    Ukhti….artikel ini saya copy-paste ke blog saya, tentu dgn menampilkan sumbernya. Boleh ya? Jazaakillaahi khairan.

    bunga jawab:
    silahkan

    Reply
  • 6. alpiriuqi  |  February 27, 2008 at 12:33 pm

    101 ?? kayak dalmatian aja :p

    wah…banyak sekali ternyata alasan-alasannya

    semoga muslimah yang belum memakainya setelah membacanya bisa mengambil

    setidaknya satu dari 101 alasan yg bisa diutarakan

    barokalloohu fiik…..

    Reply
  • 7. azrul ipb  |  April 15, 2008 at 5:47 am

    assalaamu aalaaikum

    komen Bunga:
    “wa’alaykumsalam warrahmatullahi wabaarakatuh”

    Reply
  • 8. azrul ipb  |  April 15, 2008 at 5:49 am

    senang berkenalan dengan ukhti

    Reply
  • 9. any  |  June 18, 2008 at 5:30 am

    assalamu’alaikum
    ukhti, ana mau copy artikel ini,boleh ya?
    mau ana kasih ke adik2
    afwan
    jazakillah khoiran katsir

    Bunga:Wa’alaykumussalam warrahmatullah.
    Silahkan copy.
    waiyyaki.

    Reply
  • 10. Mardha  |  August 14, 2008 at 10:33 am

    karna saya ingin menjadi wanita solihah..🙂

    Bunga:
    Semoga tetap istiqomah.
    Allahumma amiin…

    Reply
  • 11. vidy  |  September 22, 2008 at 12:22 pm

    assalammu’alaikum warahmatullahi wabarukatuh..

    saya pernah berniat pakai jilbab,bahkan sampai pakai nadzar.tp semua itu ternyata tidak cukup untuk menyiapkan diri saya lahir & batin mengenakan jilbab.bagaimana pendapat ukhti??

    Bunga:
    Wa’alaykumussalam warrahmatullahi wabarakatuh. Memakai jilbab ga ada hubungannya dengan persiapan bathin. Bathin yang tidak siap tidak mengubah hukum wajib menutup aurat. Ingat aja panasnya neraka…. lah, wong cuma kena dikit aja, sakitnya udah kepalang, apalagi sekujur tubuh dibakar api…
    Moga dengan itu membuat hati jadi lembut tuk mau menutup aurat. Yah, semoga dimudahkan oleh Allah. jangan mudah menyerah ya.

    Reply
  • 12. tata  |  October 4, 2008 at 5:40 pm

    nice article pengen sharing boleh ya Bunga. Aq juga br belajar pake jilbab, kt orang Iran di kantorku istilahnya Hijab (jilbab) ^_^ niat dari 2 tahun yg lalu, dan baru terlaksana tahun ini saat sebelum Ramadhan…ternyata banyak memberikan dampak yg baik; ingin lebih dekat dan di cintai Alloh, ketombeku jadi ilang (mungkin krn ga kena debu), rambut ga cepet bau (krn sering naik ojek he..he..), mengurangi budget ke salon (jadi lebih hemat he..), hati sedikit lebih sejuk dari sebelumnya, membantu me-rem dari perbuatan zholim dan dari hal-hal yang tidak di ridhoi Alloh S.W.T., melihat orang-orang disekeliling kita menghargai kita apa adanya…bukan karena penampilan kita yg fashionable and keyen..😉

    salam,
    tata

    Reply
  • 13. artie  |  November 27, 2008 at 8:23 am

    mo tanya dan curhat…
    saya masih buka tutup nih bunga, jadi kalo mo pergi baru pake jilbab…perasaan repot banget kalo mo keluar rumah pake jilbab secara saya ibu yg tomboy dgn baju rumah adalah kaos lengan pendek dan celana panjang, apalagi saya sering berada diluar rumah (anak maunya makan sambil di luar rumah :P), bagaimana ya supaya bisa ngga buka tutup lagi…? mohon sharingnya….syukron.

    Bunga:
    Pakai daster panjang aja Um, jadinya kan mudah kalau tiba2 kluar rumah, tinggal pake jilbab. Jilbab2 sekarang kan simple.

    Reply
  • 14. febri  |  March 11, 2009 at 3:27 am

    assalammualaikum
    saya baru memakai jilbab, mungkin baru sekitar 1 minggu…
    sebenarnya keinginan ini muncul sudah sejak lama…
    dengan berbagai alasan saya terus menundanya..
    alhamdulillah,ALLAH SWT dengan cepatnya memberi keberkahan ini..
    baru memakai jilbab, banyak sekali cobaan yang sudah datang..
    ukhti
    bisa minta sarannya untuk tetap istiqomah berjilbab dan tegar menghadapi semuanya…

    thankz b4^.^

    Bunga:
    Wa’alaykumussalam warrahmatullah…
    Selamat ya, barakallahu fiiki.
    Agar tetap istiqomah:
    1. bertemanlah dengan mereka yang berjilbab, yang memiliki kesamaan dalam cobaan sehingga kita tak merasa sendiri dan selalu ada yang memberi semangat pada kita untuk selalu menjadi lebih baik lagi.
    2. banyak membaca sirah / kisah para muslimah di masa dulu dan juga masa sekarang. Hal ini menjadi pemacu pada kita, menjadi pembanding bahwa apa yang kita lakukan dan cobaan yang kita alami masih kecil dibanding mereka.
    3. teruslah menuntu ilmu sehingga merasa takut pada azab Allah…
    4. ingatlah bahwa terkena api itu tak enak, apalagi bila kita masuk neraka….

    Semoga membantu

    Reply
  • 15. matsurika  |  March 22, 2009 at 9:18 am

    saya minta izin untuk mencopynya. syukron

    Reply
  • 16. abul fudhail  |  April 5, 2009 at 10:15 am

    assalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

    yaa ukhti, ana rasa point pertamanya lebih cocok

    “berjilbab merupakan kewajiban setiap wanita muslimah”

    hehe, sekedar usul ukhti..

    selebihnya, artikel ini sudah bagus sekali..
    ohya, ana izin copas ya..

    semoga ukhti diberikan kebaikan yang banyak,
    sebagaimana banyaknya orang yang meng-copas dan menyiarkan dakwah yang mulia ini..

    amin

    wassalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Bungazahrah:
    wa’alaykumussalam warrahmatullahi wabarakatuh.
    yang ana tulis:
    1. Menjalankan syi’ar Islam.

    Ana pikir itu sudah termasuk walau bahasanya ga langsung pada kata jilbabnya. Syukron atas masukannya dan kunjungannya.

    jazaakallahu khairan.

    Reply
  • 17. alin  |  August 27, 2009 at 4:57 am

    asw.wr.wb.

    ukhti, blh tau siapa pengarangnya buku “101 alasan mengapa saya memakai jilbab” ??

    saya ingin membeli bukunya…

    sebelumnya, jazakillah khoir ukh..

    Bungazahrah:
    afwan, ana gak tau.

    Reply
  • 18. Tanty  |  September 20, 2009 at 3:40 am

    Asalamualaikum u’,ana mw nanya,kalo misalnya ana make jilbab teruz masih tomboy,ceria,bergaul dgn siapa aja.bolehkan?oia ana mw nanya juga ,ada yg bilang ana kalo orang yg berjilbab i2 haruslah orang^^ yg baik,rajin shalat,,bgmana pendapat u’ tentang hal ini?

    Bungazahrah:
    wa’alaykumussalam warrahmatullah.
    jilbab itu adalah hijab (penutup) diri dari orang-orang yg bukan muhrim / mahram. jadi, berjilbab bukan berarti tak boleh ceria dan bergaul namun harus diperhatikan untuk menjaga diri dari orang2 yang bukan muhrim / mahram.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blog-ku Lainnya

Designed by Rini Aisyah

Designed by Rini Aisyah

Designed by Rini Aisyah

Statistik Blog

  • 133,865 hits

%d bloggers like this: