Suami Lebih Muda ?

March 24, 2006 at 4:21 am 11 comments

“Rin, calon suamiku lebih muda usianya 2 tahun dariku.”
Pernyataan gitu engga cuma sekali kudengar. Sudah banyak wanita yang memiliki suami berusia lebih muda darinya. Cuma nih, banyak juga orang beranggapan menikah dengan pria yang usianya lebih muda, justru menimbulkan banyak masalah. Benarkah?

Ada kekhawatiran memang, ketika seorang wanita mendapatkan suami yang lebih muda, pada saat usianya semakin senja, keadaan fisiknya mengalami perubahan seiring dengan bertambahnya usia. Suami dikhawatirkan akan berpaling kepada wanita yang relatif lebih muda dan lebih menarik. Waduuuh, gitu ya? Hmmm….

Kekhawatiran seperti itu sebenarnya ga perlu ada. Menurut pakarnya gitu. Apabila kita telah mempunyai dasar pemikiran yang benar, komitmen yang kuat dan rasa percaya terhadap pasangan, juga hati yang ikhlas dan ridha atas apapun yang akan terjadi nantinya merupakan perjalanan dari apa yang Allah tetapkan. Suami menyeleweng, itu kan bukan hanya dilakukan oleh suami yang istrinya lebih tua. Semua tergantung pada bagaimana ia memandang arti sebuah pernikahan. Kembali pada masalah akidah dan keimanannya, juga pada corak pribadi masing-masing (suami dan istri). Bagaimana cara mereka mengolah masalah yang kira-kira akan muncul dan bagaimana mengatasinya.

Ada yang berpendapat, suami lebih muda punya kelebihan dalam memimpin keluarga, lebih bersemangat dalam mencari nafkah dan mencari ilmu. Wallahu A’lam.Di lain pihak, ada juga yang meragukan sifat kedewasaan dan kearifan sang suami muda ini sebagai kepala keluarga. Jangan-jangan, nanti justru istri yang harus mengayomi suami.

Kali ini, masalah dari segi prikologis yang diungkit. Padahal nih, kedewasaan tidak dapat dikaitkan dengan usia seseorang. Ada kekhawatiran kedewasaan suami tidak bisa mengimbangi kedewasaan istri. Menurut Dr. Ahmad Lutfi Fathullah, MA kematangan mental seseorang untuk menikah sangat dipengaruhi oleh pola asuh dan pendidikan yang diterapkan dalam keluarga. Dampak psikologis yang umum terjadi pada pasangan seperti ini adalah istri yang memiliki rasa cemburu yang lebih besar dibanding pasangan lainnya. kekhawatiran dan anggapan kalau sang suami mulai menganggapnya tua dan mulai melirik wanita yang lebih muda. Pada suami, umumnya memaksakan dirinya untuk bisa tampli lebih dewasa dibanding sang istri. Wallahu A’lam. Namun, sekali lagi, menurut pakarnya, hal ini bukan masalah besar. Keputusan tetap di tangan pasangan yang bersangkutan. Sejauh mana mereka mengenal pasangan untuk bisa membuat kesepakatan demi mewujudkan keluarga yang samara.

Masalah lain adalah masih adanya anggapan miring dalam masyarakat terhadap pernikahan seperti ini. Hal seperti ini bisa mempengaruhi niat pasangan untuk menikah. Kemantapan hati adalah solusinya. Jika kemantapan hati sudah ada, umumnya apapun kata orang tidak akan berpengaruh besar. Sesuatu hal yang baik atau buruk tidak diukur oleh enggapan orang lain, suara mayoritas manusia, melainkan apa yang baik bagi manusia menurut keimanan yang benar. Pendapat sinis orang-orang tidak usah ditanggapi.

Setelah dibahas dari berbagai segi, pernikahan seperti ini dapat berjalan dengan baik, masalah yang dihadapai dapat diselesaikan dengna baik. Kita juga tau bagaimana pernikahan Rasulullah SAW dengan Bunda Khadijah (ra). Landasan hubungan yang kuat jauh-jauh hari sebelumnya harus dibangun. Dari sejak awal, cobalah untuk seling mengerti dan memahami sudaut pandang masing-masing. Sekali lagi, kalau sudah merasa cocok, siap dengan segala resiko, ya jalani saja. Kebahagiaan suatu pernikahan tidak melulu ditentukan oleh masalah perbedaan usia. wallahu A’lam.

[Sumber: sumber utama Majalah Nabila dan beberapa sumber tambahan lainnya termasuk Abi Dzaki myQ]

About these ads

Entry filed under: Pernikahan. Tags: .

Karakteristik wanita [istri] yang menjadi pendamping hidup idaman pria [suami] Sedikit Tentang Akhwat

11 Comments Add your own

  • 1. Rizma  |  June 19, 2007 at 6:12 am

    Ketika seorang wanita mendapatkan suami yang lebih muda, pada saat usianya semakin senja, keadaan fisiknya mengalami perubahan seiring dengan bertambahnya usia. Suami dikhawatirkan akan berpaling kepada wanita yang relatif lebih muda dan lebih menarik

    Iya,, Ma juga suka khawatir,, makanya jadi bikin kotak sendiri tentang itu,, padahal belom tentu sih,,

    tapi,, tetep aja khawatir,,

    Reply
  • 2. iw  |  July 23, 2007 at 3:13 pm

    Maaf ya…gak sengaja ngebacanya pas di google. Saya teruskan e…pembahasannya unik juga. Klw pertanyaannya dibalik gimana…
    Istri lebih tua ? jadi kurang menarik. jadi saya mau kasih komentar… : JUDULNYA BAGUS dan ENERGIK !!!

    Reply
  • 3. diela shany  |  December 25, 2007 at 10:31 am

    pas liat judulnya jd inget ma pengalaman sendiri.
    pacar qu lebih muda 14 tahun!!!! gila ga???!!!
    meski beda usia yg membentang jauh..
    tp dia lumayan dewasa dr pria seumurnya…
    dng cara nya dia ngajarin aq agar fight dlm hidup ini…
    emg ada kekhawatiran nantinya bila sampe menikah…
    apalagi kalo bukan perselingkuhan…
    klo dah terlanjur cinta… apapun aq jalani…

    Reply
  • 4. Nanik  |  February 28, 2008 at 5:53 am

    Hm….nice artikel
    Calon suamiku (insya Allah) kebetulan 2 bulan lebih muda–> hehehe…g terlalu jauh ya?
    Tapi tetep aja terbesit kekhawatiran seperti yang disebutkan di atas, tapi…semakin dekat dengan hari pernikahan kami, justrus semakin terlihat kedewasaannya….
    So…semuanya kembali kepada masing2 orang, bukan karena usia

    Reply
  • 5. IMA  |  August 14, 2008 at 4:44 am

    suamiku lebih muda dari ku 3 th, meski ada kekhawatiran seperti itu tapi alhamdullilah sampe saat ini fine aja tuh,,,

    Bunga:
    Ya, mudah2an tetap langgeng…

    Reply
  • 6. hieda  |  August 16, 2008 at 4:11 pm

    salam…
    pacarku juga lebih muda 1 tahun dari aku. kami uda 3 tahun berpacaran. kalau jodoh kami ingin melanjutkan ke hubungan yang lebih serius. tapi sempet khawatir juga sih apa dia bisa lebih dewasa dari aku nantinya ketika sudah berumah tangga. saat ini saja kadang sikapnya dewasa kadang juga ga.

    Bunga:
    Mudah2an semuanya baik-baik aja dan lancaaar….

    Reply
  • 7. yuli  |  November 13, 2008 at 8:34 am

    calon suamiku lebih muda 4 thn, InsyaAllah kami akan menikah dlam 3 4 bulan ke depan..
    sebenernya hal tsb tidak usah dikhawatirkan..tetapkan niat kita menikah itu ibadah karena Allah, SWT & memohon selalu diberikan dan dijadikan yang terbaik untuk di dunia-akhirat, AMIN

    Reply
  • 8. ci...  |  March 16, 2009 at 8:19 am

    calon suamiku 3bln lbh muda dariq, untuk saat ini alhmd fine2 aja, tp kdg memang te2p ada mslh dg itu. dan kebetulan aq anak pertama dan calon suamiku anak terakhir, sama2 pnya karakter dan prinsip yg kuat shg sering trjadi perdebatan luar biasa. memang c usia bukan lah penyebab utama, tp karna memang karakter dan pengendalian emosional blm stabil. tidak mudah memang, tp smg saja allah always mmbri kemudahan amin..

    Bunga:
    Yup… semoga kita diberi kemudahan oleh Allah…

    Reply
  • 9. Na  |  March 7, 2010 at 9:00 pm

    Saia juga sedang di ajak kawin sama cowok yg dua tahun lebih muda dari saia. Sampai sekarang saia belum bisa ngambil keputusan, yang saia takutkan bukan perselingkuhan tapi karena dia tipe anak kemauannya selalu dituruti sama orang tuanya. Takutnya nantinya dia jadi egois (walaupun skrg gak, dan dia bersikap cukup dewasa kepada saia)

    Reply
  • 10. suami istri  |  March 8, 2010 at 3:20 pm

    tidak menjadi masalah suami lebih mudah yang penting, dewasa dan bertanggung jawab

    Reply
  • 11. fanNy  |  April 10, 2010 at 1:14 pm

    aq blum menikah,n 21 old. juga g kepikiran bt entar mendapat jodoh yang lebih tua ato lebih muda. tp Q percaya bahwa Allah kan beri Qta yang terbaik juga yang sama dengan Qta.
    jdi Qta siapkan diri kita menjadi lebihbaek n berdo,a supaya kita mendapat juga yang lebih baik

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blog-ku Lainnya

Designed by Rini Aisyah

Designed by Rini Aisyah

Designed by Rini Aisyah

Statistik Blog

  • 123,566 hits

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: