Karakteristik wanita [istri] yang menjadi pendamping hidup idaman pria [suami]

February 23, 2006 at 5:06 am 65 comments

Selalu memberikan masukan kepada suami
Tidak jarang seorang suami tidak mengetahui apa yang harus dilakukannya setelah mereka berumah tangga. Oleh karena itu, yang pertama harus dikerjakan seorang istri adalah membantu memperjelas angan-angan dan keinginan yang ada dalam benak suami. Seorang istri harus membantu suaminya mengetahui apa target yang dikejar dalam kehidupannya. Tentu dengan bahasa yang baik dan spoan, tidak seolah-olah menggurui.

Membantu suami merancang target baru
“Jika kamu telah selesai (dari suatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain,” (QS al-Insyirah : 7)
Bila suami telah berhasil merealisasikan tujuan yang dikehendakinya, istri harus menyampaikan pada suaminya bahwa keberhasilan suatu tujuan bukan akhir dari segala-galanya. Tapi, keberhasilan suatu target adalah awal langkah mengejar target yang lain. Yang penting disampaikan kepada suami adalah bahwa janganlah takut tidak berhasil mengejar suatu target.

Mendampingi suami hingga berhasil meraih target

Tindakan logis yang dilakukan oleh setiap istri yang berpikir cemerlang sewaktu berada di samping suaminya adalah membantunya dengan kata-kata yang baik, memberikan senyuman yang memotivasi, dan mendorongnya terus-menerus untuk merealisasikan semua target yang diharapkannya. Setiap keberhasilan yang diraih bukanlah milik sendiri, melainkan milik mereka berdua.

Menghidupkan semangat dan harapan suami

Di antara ciri khusus istri cerdas adalah selalu berusaha membangkitkan semangat dan menghidupkan harapan dalam diri suaminya, begitu pula pada anaknya, saudaranya, atau ayahnya sekalipun. Janganlah sekali-kali seorang istri mengatakan bahwa suaminya selalu mengalami kegagalan. Menurut Margaret Colcen, kewajiban terpenting seorang istri adalah memanfaatkan waktu makan bersama untuk berbicara dangan suami tentang harapan, optimisme, dan keberhasilan.

Bunda Khadijah selalu mampu memberikan semangat untuk Muhammad Saw lewat kata-kata dan perilaku yang menarik. Ungkapannya berisi daua hal:
1. Meyakinkan kepada suami bahwa perjuangannya benar dan lurus.
2. Memuji dan menganggap suami mempunyai potensi yang dapat dijadikan modal.
3. Dorongan semangat bahwa usahanya akan berhasil dan menghasilkan.

Jangan lupa, pujian yang tidak berlebihan memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap pembangkitan suami.

Mengimbangi kecemasan suami dengan sikap dan tindakan simpatik

Seorang wanita sama sekali tidak dapat membahagiakan suami dan mendorongnya mencapai keberhasilan, kecuali bila ia tetap kreatif dan mampu menghiburnya. Hendaklah seorang istri benar-benar memahami bahwa suaminya sangat membutuhkan pandangan yang mendalam dari istrinya mengenai apa yang dilakukannya.

Harus dipahami oleh seorang istri, kecemasan suami mendorongnya uring-uringan, terkadang marah-marah, dan emosinya cepat meninggi. Hal ini sangan wajar, sebab, suami sedang mencari pelampiasan ketegangan. Sebagai istri yang baik, jangan sekali-kali mengimbanginya dengan emosi dan marah juga. Sikap yang seperti itu, ikut terbawa marah dan emosi, dapat membuat kapal suami yang semakin menghilangkan kekuatan semangat dan kesabarannya. Yang tepat dilakukan oleh seorang istri adalah menyarankannya untuk berdzikir kepada Allah dan sholat. Atau, ajaklah dia tidur, supaya ketegangannya menurun.

Tidak merecoki tekad bulat suami

Tekad seorang suami memerlukan perekat yang kental dari istrinya. Keinginan merecoki tekad suami adalah akibat istri yang tidak membiasakan belajar bersabar. Yang lebih parah, ketakutan kehilangan suami dan perasaan cemburu yang tak beralasan membuat istri menghalangi suaminya uintuk maju.

Pandai melontarkan kritik membangun
Kritik yang diberikan seorang istri adalah bantuan berharga bagi seorang suami. Orang yang paling tahu dan merasakan kekurangan suami adalah istri. Istri adalah orang yang tahu luar dalam suaminya.

Anti campur tangan
Seorang istri cerdas akan menguras pikirannya untuk mencari cara agar suaminya dapat tenang dan konsentrasi pada kegiatannya. Ia akan membiarkan suaminya berbuat dan mengerjakan pekerjannya tanpa ikut campur di dalamnya, jika suaminya menginginkan hal itu.

Rela memberikan waktu luas kepada suami untuk konsentrasi pada tugasnya
Seorang suami yang pandai adalah suami yang dapat memenuhi kewajiban tugas dan hak keluarga. Sedangkan istri yang cerdas adalah istri yang banyak legowo atas hak diri dan lebih mementingkan kemaslahatan keluarga. “Biarlah dia kurang memperhatikanku, asalkan keutauhan dan kemaslahatan keluarga terjaga dengan baik,” moto inilah yang biasa dipegang wanita terpelajar.

Susah ga ya diterapkan????

Entry filed under: Pernikahan. Tags: .

Nikmat Suami Lebih Muda ?

65 Comments Add your own

  • 1. aan  |  May 13, 2007 at 7:26 am

    Assalamu’alaikum,

    Artikel bagus banget, insya 4JJI kuberikan pada istri deh (nanti..setelah nikah tentunya) :))

    Jazakalloh khoiron

    Reply
  • 2. Missi  |  May 19, 2007 at 4:15 am

    bgs bgt…

    Reply
  • 3. M Badri  |  June 19, 2007 at 5:20 am

    ass. salam kenal juga… artikenya bagus dan inspiratif :)

    Reply
  • 4. Rizma  |  June 19, 2007 at 6:13 am

    wanita kaya gitu,, kaya bukan manusia lagi itu sih,,

    terlalu sempurna,,(jadi pesimis)

    tapi kita boleh berharap dan berusaha biar bisa kaya gitu ya,, :)

    Reply
  • 5. may zahra  |  July 2, 2007 at 1:29 pm

    Assalamualaikum… :)
    Bagus banget tulisannya :):)
    Menjadi wanita idaman itu memang tidak mudah:):),apalagi mendapatkannya, semua harus diperjuangkan dengan penuh ketulusan.
    Tapi saya yakin bila semua ketulusan itu di bangun karna cinta kita kepada Allah dan Rosul-NYA insyaAllah semua akan teraih dengan manis semanis cinta Allah dan Rosul-NYA kepada ummat-NYA.
    Syukron dan afwan ana kalo ada salah khilaf :):)
    Wassalamualaikum…:):)

    Reply
  • 6. iw  |  July 23, 2007 at 3:50 pm

    assalamu’alaikum
    artikelnya dari pengalaman ya (bagusnya manggil apa ya?), mbak (aja deh) ?
    Pasti beruntung klw punya istri yang bersikap spt itu. Boleh ya saya save ! (bwt bekal)
    Syukron dan wassalam

    Reply
  • 7. aLfi  |  July 26, 2007 at 2:30 am

    aku seorang wanita yang pengen banget bisa nglakuin itu semua… karena emang itulah ajaran yang dibenarkan oleh suri tauladan kita Nabi Muhammad SAW.
    Ya Khadijah… Smoga aku mampu mengikuti jejak langkahmu dalam mengerungi bahtera kluarga dengan suamiku kelak
    Ya Robb tuntun hubungan kami di jalanMu, smoga kami mampu sampai kepada bahtera keluarga yang sakinah mawaddah warrahmah. Amiiiiin

    Reply
  • 8. Dino  |  August 14, 2007 at 6:04 am

    Adakah pendamping hidupku seperti wanita Itu??? Di mana saya harus mencari…

    Reply
  • 9. Dino  |  August 14, 2007 at 6:17 am

    Kapan ya q dapat istri kaya gini???????????

    Reply
  • 10. fatkur  |  October 3, 2007 at 6:34 pm

    Ass Wr Wb
    Baik mjd bacaan buat para istri sebagai buku putih

    Tetapi alangkah lebih baik lagi bila suami menerima pendapat istri bisa benar adanya (tidak egois)….

    Jadi bagaikan Nakhoda dan penasehat untuk mengarungi bahtera yang mengarungi Laut yang terkadang sulit ditebak bila ada cobaan dari Allah SWT.
    Bagaikan Pilot-dan co-piot di pesawat terbang yang menembus langit yang berubah-ubah.

    sekian…

    Reply
  • 11. bungazahrah  |  October 5, 2007 at 11:50 pm

    @atasku.
    setuju. kereeen tuh….

    Reply
  • 12. nana  |  November 10, 2007 at 1:58 am

    insyaAlah aku berusaha mnjadi perempuan kyk gitu…Txy bgt inspirasinya zaa…

    Reply
  • 13. Mangun Wijaya  |  January 8, 2008 at 7:29 am

    bagus sekali artikelnya. saya sangat mengaharapkan istri seperti itu. Semoga aja allah SWT bisa mengabulkan permohonan saya tersebut. amin. Mohon daonya aja yah dari sekalian.

    Reply
  • 14. pinky  |  January 13, 2008 at 3:39 am

    mudah2an aza aq bisa menjadi wanita seperti itu…

    Do’anya Rini :
    Semoga segera diijabah oleh Allah.
    Allahumma amiin.

    Reply
  • 15. adam  |  February 6, 2008 at 3:38 am

    blognya boleh ya saya link di blog saya. Barakallahu fiek

    Bunga jawab:
    silahkan. wabaarakallahu fiika

    Reply
  • 16. hnim  |  March 1, 2008 at 3:36 am

    wah kk dah siap nih… ditunggu undangannya ;)

    Reply
  • 17. ikhwan fillah  |  March 13, 2008 at 12:09 pm

    Bismillah
    Ada gak ya wanita seperti itu di Indonesia
    pingin juga rsanya
    wassalam

    Reply
  • 18. Musafir Kecil  |  April 16, 2008 at 3:48 pm

    Ada Tulisan Bagus dari Mba Mutiara

    saya co-pas di blog saya..

    http://kaspo.wordpress.com/2007/12/18/nasehat-memilih-istri/

    Reply
  • 19. rika  |  May 14, 2008 at 3:52 am

    tulisan nya bagus…insya allah akan menjadi cermin untuk menjalani masa depan yang lebih baik bersama suami qu….

    Reply
  • 20. rizky  |  May 15, 2008 at 10:12 am

    mksh bgt ya stlh baca artikel ini saya jadi tau apa yg hrs saya lakukan tuk jd istri yg baik

    Reply
  • 21. aboezaid  |  May 22, 2008 at 3:46 am

    artikel yang bagus :)
    semoga ana juga bisa dapat istri yang sholehah :) hehehehehehe
    ana copy artikelnya..

    Reply
  • 22. april  |  May 29, 2008 at 7:53 pm

    asalamualaikum.wr.wb

    aku suka banget baca artikelnya.sampai harus berulang kali biar lebih faham.tapi masalah nya aku ga tau gimana caranya melawan diri sendiri untuk selalu sabar.malah kadang marah mengalahkan sabar ku.itu masalah paling besar di hidup ku untuk menghadapi suami.tapi aku akan selalu coba u SABAR

    Bunga:
    Wa’alaykumussalam warrahmatullah.
    Cara bersabar? Ana juga g tau gimana caranya karena ana nih masih single…

    Reply
  • 23. samino trihatmojo  |  June 10, 2008 at 8:52 pm

    subhanalloh

    Allohu Akbar

    Reply
  • 24. anton  |  June 14, 2008 at 5:46 pm

    Wah ini teori yang sangat bagus sekali, mungkin lebih cenderung “mimpi yang sempurna” khususnya buat saya pribadi. Memberi respon positif ketika menerima sikap positif adalah biasa, yang perlu diperhatikan adalah menjaga hati untuk tetap memberi hal positif ketika mendapat perlakuan negatif dari pasangan hidup kita. Dan jangan lupa Tuhan itu yang Maha membolak-balik hati.

    Reply
  • 25. fd_01  |  July 7, 2008 at 3:41 pm

    bagus ne artikelnya !!!

    Reply
  • 26. AZHAR-ADZKA  |  August 28, 2008 at 4:07 am

    Segala puji mutlak milik ALLAH yang telah memberikan istri kepada hamba-Nya yang dhaif ini sebagaimana tulisan diatas. Walopun belum 100% tapi ternyata telah melebihi yang kupinta.ternyata pilihan manusia belum tentu baik baginya, namun kehendak Allah adalah keadilan yang tiada tara.
    Alhamdulillah, trima kasih ustadz yang telah mengenalkan kepadaku cara memilih istri dengan Baik dan Benar

    Reply
  • 27. paddi  |  September 2, 2008 at 6:07 am

    di manakah aku harus mencari wanita idaman itu…???

    Reply
  • 28. anne  |  October 8, 2008 at 3:22 am

    ya robb. . .
    mampukah aku menjadi pribadi yang sesempurna itu
    mdh2n hamba dapatkan pasangan hidup yang mampu menuntunku menuju tujuan akhir yaitu syurga . . . .

    Reply
  • 29. Abu Salman  |  October 11, 2008 at 2:51 pm

    Assalamu’alaikum.
    Afwan.Kok, gak disertai maroji’ ya?
    Kayak Perfectsionist saja, takutnya berat juga jadi Istri ya?
    Barakallahufiik.
    Wallahu a’lam.

    Bunga:
    Wa’alaykumus-salam warrahmatullah.
    Afwan, ana lupa menulis sumber bukunya. Artikelnya tentang istri ideal. Harus dipahami bahwa manusia tak ada yg sempurna, begitu juga istri, ga mungkin bisa 100% ideal.
    Tapi, untuk pelajaran, ya haruslah dipelajari. Gitu loh….
    wafiika barakallah

    Reply
  • 30. rida  |  January 26, 2009 at 2:15 pm

    Assalamu’alaikum.Wr. Wb.

    artikelx bagus banget mbak…. bs bwt bekal klo saya dah berrumah tangga ….

    Wassalamu’alaikum

    Rini:
    Wa’alaykumussalam warrahmatullahi wabarakatuh.
    Ya … bener …

    Reply
  • 31. tieka  |  January 28, 2009 at 6:34 am

    tks mba. artikelnya baguz.
    memberiku inspirasi untuk menjadi “istri idaman bagi suamiku”

    Reply
  • 32. Agus STIT  |  February 5, 2009 at 9:20 am

    Aslmkm. Artkelx bgs bngt. Aq prnh dptn wanita sprt itu n hmpr jd istrQ tp Allah brkhndk lain krn trnYT Allah lbh syng sm dia. Untk mndptkn yg sprt itu aq nggu 15 th. Mdh2n aq bs dpt lg yg sprt dia n mnjd jdhQ.

    Reply
  • 33. ira  |  February 16, 2009 at 4:45 am

    Assalamuallaikum .wr. wb

    kak tulisannya bagus dech..bisa jdi masukan buat aku..boleh ya kak tulisannya taruh di blog aku..

    ‘Aisyah:
    Wa’alaykumussalam warrahmatullahi wabarakatuh.
    Ya.. silahkan.

    Reply
  • 34. . . .  |  April 5, 2009 at 7:14 pm

    klo artikel suami idaman istri ada ga mbak,hhe

    Bungazahrah:
    Ga ada secara ana ini kan wanita…. renungannya tentu saja yang berkaitan dgn wanita

    Reply
  • 35. edi  |  April 18, 2009 at 2:33 pm

    Semoga para istri membaca tulisan ini. Thx

    Reply
  • 36. Lie  |  May 3, 2009 at 5:17 am

    I’ll try it.Semoga kelak ak akan menjadi istri yg baik bwt suami ak.Thx

    Reply
  • 37. dina  |  May 4, 2009 at 5:52 am

    tulisane sae sanget mbak….saget damel masukan kangge kulo…ben suamiku mkin tresno kale kulo….

    Bungazahrah:
    ana kagak ngerti, ana orang batak, aseli…… hehehe…..

    Reply
  • 38. yani  |  May 10, 2009 at 11:10 am

    ok banget…. baca ini aq jadi lebih paham, karena aku sendiri mengalami!

    Reply
  • 39. eri wahyudi  |  May 12, 2009 at 9:29 pm

    INJIH SAE SANGET ARTIKELIPUN, dengan segala perhatian dan kasih sayang yang saya berikan, semoga allah menjadikan istri saya (kelak kalo udah punya) seperti artikel diatas. Amien2YRBLALAMIEN

    Reply
  • 40. Ardilla  |  June 13, 2009 at 4:46 pm

    Assalamualaikum.wr.wb

    kak…Artikel nya bagus bnget, mga2 aja aq bisa sprti itu trhadap suami q yang tercinta… wasalam

    Reply
  • 41. devi  |  July 6, 2009 at 3:03 am

    insyaallah bisa!!!

    bln dpn devi mo married…love him so much!!

    wass..

    Reply
  • 42. zain  |  July 7, 2009 at 5:15 am

    masih adakah wanita seperti itu ….
    bertahun tahun tak pernah kutemukan.
    saya takut itu hanya di dunia mimpi

    Bungazahrah:
    namanya juga ideal. namun adakah sesuatu yang ideal? mungkin yang hampir ideal ada. Allahua’lam…

    Reply
  • 43. dian  |  July 10, 2009 at 4:27 am

    ya.. isinya memang membangun karakter wanita yg di idamkan semua laki2… tp klo rela memberikan waktu seluas2nya bwt suami… ada khawatirnya jg sih… takut kebablasan… sy rasa kita beri kebebasan tp juga kita awasi kannn… jd suami tetap setia sama kita …. gimana ????

    Bungazahrah:
    mmm, ana belum nikah jadi belum paham. mungkin seperti itu mungkin juga tidak.

    Reply
  • 44. ummu Muqbil  |  July 27, 2009 at 11:47 am

    Koq sedikit sekali yah artikel yg membahas bagaimana menjadi lelaki idaman wanita.

    Para lelaki tidak inginkah dicintai setulus hati dan dikenang selamanya oleh istrinya. Bila ada seorang istri yg sangat mencintai suaminya, mengenangnya ketika telh tiada, saya yakin itu bukan karena ketampanannya atau hartanya. Tapi itu karena sifat dan pengasihnya terhadap istri.

    Bungazahrah:
    karena ana wanita makanya ana bahas dari sisi wanita. untuk sisi pria, wahai pria, apa jawabnya ? hehehe…

    Reply
  • 45. ochy  |  September 4, 2009 at 1:09 pm

    semoga aQ bsa perti yang diatas

    Reply
  • 46. thika  |  September 18, 2009 at 6:52 am

    subhanalloh..jd ign bs mjdi istri spti yg dgmbarkn, mg alloh mudhkn sgra utkku blj dn mnerjuniny dlm wdah rumh tga.amin..

    Reply
  • 47. melly  |  October 16, 2009 at 5:05 am

    keeeeerrreeeenn buuk, n mudah”an ja qt bisa menjadi istri idaman suami n klwrga

    Bungazahrah:
    Amiin…

    Reply
  • 48. raj  |  October 18, 2009 at 4:53 pm

    napa istri gua ga gitu ya….?

    Reply
  • 49. Afra Afifah  |  October 20, 2009 at 9:55 pm

    makasi ka artikelnya,.jazakillah khairan :)

    Reply
    • 50. Azzahrah  |  November 7, 2009 at 11:39 am

      ya sama-sama. amiin…

      Reply
  • 51. Aska  |  November 5, 2009 at 12:53 pm

    Aslmualaikum.Wr.Wb.
    ya Allah ampuni Hamba,hti ini ssak skli saat membca artikl diatas,byk kslhn yg tlah sy lkukan kpda suami..
    Ya Allah maafkan Hamba,ampuni Hamba..
    Dr artkl diats memotivsi dri sya untk mnjdi istri yang lbh baik untuk suami sya dan mmbhgiaknnya.Mgkn sya krg brsykr atas sgla kbhgian yg Suami sy brkn,mfkn Umi ya Abi yg slalu cmbruan.Umi akn slalu mndoakn yg trbaik utk Abi ktka Abi brtgs,amin..

    Reply
  • 52. Hikmah  |  November 8, 2009 at 11:12 am

    wlau Qblum mnikah, tP Qakan berusah menjadi istri yg bAik.
    seperti yg mBak pa2rkan.
    wlau sulit untuk dlaksanakan.
    Mudah2n Qbisa

    Reply
  • 53. Dewi Sri S.  |  December 14, 2009 at 6:27 am

    semoga saya dapat seperti itu, tidak mudah tapi kita harus melangkah ke arah itu

    Reply
  • 54. erni  |  December 31, 2009 at 3:20 pm

    Assalamualaikum.wr.wb.
    Setelah membaca artikel ini saya merasa benar2 bersalah terhadap suami saya.Saya memang kurang bersyukur dengan apa yang telah diberikan suami saya.Insya Allah saya akan menjadi istri yang baik untuk suami saya

    Azzahrah:
    Wa’alaykumussalam warrahmatullah

    Reply
  • 55. wurri  |  January 6, 2010 at 9:27 am

    ih sempurna bagt ya klo bener ada wanita seprti itu d”jaman sekarang,,,,,
    mudah2 w bisa belajar dan menjadi istri seperti itu….

    Reply
  • 56. wul  |  January 14, 2010 at 9:02 am

    Allahumma amiin ya robbal’alamiin

    yg penting jangan cuma berangan tapi memperbaiki diri dan mengimplementasikanya

    Reply
  • 57. iriama  |  January 24, 2010 at 7:29 am

    artikelx bagus…aku pengen jadi istri seperti yg digambarkan…bantu aku untuk mewujudkanx….dengan tulisan2 anda yang lain….* _*

    Reply
  • 58. Windy  |  January 29, 2010 at 12:24 am

    Assalamu’alaikum Bagus Juga Artikelnya & sempurna banget kl pny istri spt mbak pst beruntung bngt oya mbak blh dng e-mail saya di add & Kl bs mnt no hp spy bs sharring aplg ad bnyk hal yang mau saya tnykn kpd mbak gt terimakasih wassalam

    Azzahrah:
    Wa’alaykumussalam warrahmatullah

    Reply
  • 59. suami istri  |  March 8, 2010 at 3:19 pm

    wah bagus ini semoga istri say menjadi istri yang baik.

    Reply
  • 60. zizi  |  April 2, 2010 at 7:41 am

    “Biarlah dia kurang memperhatikanku, asalkan keutauhan dan kemaslahatan keluarga terjaga dengan baik,” moto inilah yang biasa dipegang wanita terpelajar.

    Waah.. aku blm nikah sih..
    tapi pada saat nikah, aku ingin suamiku memperhatikanku ….
    gmn y??

    Reply
  • 61. enda  |  April 7, 2010 at 9:23 am

    kenapa saya belum dapat istri yang kaya gitu……….

    Reply
  • 62. Ike Apturedi  |  April 12, 2010 at 1:08 pm

    Mdh2n aku kelak menjadi yg shaleh d impian suamiku. . .Amin. . .

    Reply
  • 63. Ike Rahmawita Apturedi  |  April 12, 2010 at 1:10 pm

    Mdh2n kelak aku jadi istri yg shaleh d sesuai impian suamiku. . .I love u. . .Mhon doa restu nya. . .

    Reply
  • 64. wiwin  |  April 15, 2010 at 3:40 pm

    pada intinya suami istri memang harus saling menghargai dan menghormati

    Reply
  • 65. wiwin  |  April 15, 2010 at 3:43 pm

    doakan yach wiwin cepat mendapat pasangan hidup seperti yang diinginkan wiwn

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blog-ku Lainnya

Designed by Rini Aisyah

Designed by Rini Aisyah

Designed by Rini Aisyah

Statistik Blog

  • 119,338 hits

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: